CATATAN SI BLUE
Pengen bebas berkarya mudah-mudahan bermanfaat untuk sobat blogger.

Menampilkan Tombol Like Facebook Di WordPress.com

Posted by INE FADLA 20:17, under , | 5 comments


Saya akan sedikit membahas cara menampilkan tombol like FaceBook seperti yang banyak ditanyakan oleh para rekan tips trik wordpress. Untuk menampilkan tombol like FaceBook sendiri caranya sangat mudah. Namun mungkin bagi rekan yang belum mengetahuinya dirasa sangat sulit. Dikarenakan sewaktu mengaktifkan tombol share FaceBook yang tampil secara default adalah tombol share yang berguna untuk menyebarkan artikel yang disuka oleh pembaca ke akun FaceBooknya. Dan bukan tombol like FaceBook.

Penjelasan untuk memasang tombol share seperti Twitter, FaceBook, Digg, Reddit, StumbleUpon dan lainnya telah Saya bahas disini dan untuk memasang tombol share Lintas Berita dan InfoGue telah Saya tulis disini.

Fungsi dari kedua tombol share FaceBook (share button dan like button) ini memiliki kegunaan yang sama-sama menguntungkan. Dan itu semua tergantung keperluan pribadi masing-masing.

Sebelum pada topiknya, Saya akan sedikit menyentuh mengenai fungsi tombol share faceBook dan tombol like FaceBook. Tombol share FaceBook ini berfungsi untuk memudahkan pembaca menyebarkan artikel yang disuka ke dalam akun FaceBook mereka. Biasanya artikel setelah di share ke akun FaceBook berupa judul dan sedikit potongan diskripsi dari artikel.

Sedangkan tombol like FaceBook berfungsi memudahkan pengguna FaceBook untuk memberi nilai suka terhadap artikel yang dibacanya.

Kedua tombol ini sama-sama menguntungkan bagi blog kita untuk menambah trafik. Karena setiap kali para pengguna FaceBook men-share dan men-vote artikel kita maka akan tercatat dalam wall akun FaceBook mereka. Yang secara otomatis juga tampil di beranda teman-teman mereka. Sekarang bayangkan jika orang yang men-share di FaceBooknya tersebut memiliki sedikitnya 100 teman, dan temannya itu juga suka kemudian ikut men-share lagi. Sudah berapa trafik ke blog Anda? Itu cuma 1 orang saja, kalau 10 orang lebih tinggal Anda kalkulasi sendiri.

Berikut cara untuk menampilkan tombol like FaceBook:

1. Login ke akun WordPress.com anda.
2. Kemudian klik [Settings] > [Sharing].













3. Dan akan tampil halaman Sharing Settings.
4. Silahkan anda drag and drop (tahan dan geser) tombol icon share FaceBook yang berada di menu “Available Services” ke menu “Enabled Services” untuk menampilkannya.








5. Kemudian lakukan perubahan tampilan pada icon share FaceBook dengan cara klik tanda [ ▼ ] disamping kanan icon share FaceBook.







6. Pilih [Like button].
7. Dan lakukan pengaturannya tambahan sesuai keinginan anda:






  • Default button style : pilih tampilan icon atau text.
  • Sharing label : tulislah nama untuk fitur sharing anda.
  • Open links in : tampilan halaman saat icon share di klik.
  • Show sharing buttons on : penempatan icon sharing.
8. Setelah selesai klik tombol [Save Changes].

Untuk cara menambahkan tombol share Lintas Berita, infoGue, dll bisa anda baca disini.

5 komentar:

mksh gan infonya.... mmpir gan http://infomadhi.com/

ini buat wordpress dot com ya gan,,,,,
di wp ane ko ga ada ya....

klo dua2 nya tmpil bsa gak? (share+like button)klo dua2 nya tmpil bsa gak? (share+like button)

Terima Kasih Anda Sudah Berkomentar

Lain-lain

Daftar Isi







FB Friends

TEMAN FB